Berita

    Jenis Lampu Mobil Paling Utama Berikut Fungsinya

    Lampu adalah komponen yang sangat penting untuk kendaraan saat melaju dalam kegelapan.

    Untuk mobil, ada beberapa jenis lampu yang biasa digunakan dan masing-masing lampu tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Tentunya kondisi-kondisi lampu tersebut harus dalam kondisi prima untuk memastikan fungsinya bekerja dengan baik.

    Dan berikut adalah beberapa jenis lampu dan fungsinya masing-masing yang ada pada mobil.

            1. Lampu Dekat

    Lampu dekat atau low beam adalah yang paling mudah ditemui di mobil. Jangkauan sinar mobil ini terbilang pendek namun cukup fokus. Biasanya lampu jenis ini digunakan saat melintasi daerah pemukiman warga sehingga tidak mengganggu orang-orang disekitar.

            2. Lampu Jauh

    Selain lampu dekat, ada pula lampu jauh atua high beam. Lampu ini berguna untuk menerangi jalanan saat melintasi jalan-jalan besar, khususnya ketika hari sudah mulai gelap. Lampu jauh juga baik digunakan untuk berkendara di jalanan yang penerangannya kurang sehingga menambah jarak pandang.

            3. Lampu Kabut

    Lampu kabut biasanya digunakan hanya pada kondisi-kondisi tertentu seperti cuaca berkabut dan jarak pandang terbatas. Lampu yang disebut juga sebagai Fog Lamp ini, biasanya terletak di depan dan belakang mobil. Fungsi Fog Lamp di belakang mobil adalah untuk memberi tanda kepada mobil lainnya, supaya mereka bisa menjaga jarak.

            4. Lampu Senja

    Lampu senja atau bisa disebut juga sebagai lampu kota biasanya dinyalakan ketika sore hari atau cuaca sedang mendung. Fungsinya adalah tanda kepada kendaraan lain bahwa saat ini posisi kendaraan kita berada di suatu lintasan yang sama.

            5. Lampu tail

    Lampu tail atau stop lamp letaknya di belakang mobil. Biasanya, lampu senja dan lampu stail terhubung melalui saklar yang sama. Jadi, ketika lampu senja dinyalakan, lampu stail pun akan ikut menyala. Kalau lampu senja berfungsi untuk memberi tanda kepada kendaraan lainnya, khususnya mobil yang berada di depan, lampu tail berguna untuk memberi tanda kepada mobil di belakang.

            6. Lampu rem

    Lampu rem adalah lampu yang akan menyala saat pengendara menginjak pedal rem. Fungsi dari lampu ini adalah untuk memberi sinyal kepada mobil di belakang supaya mengurangi kecepatannya. Kalau mobil kamu tidak punya lampu rem atau lampu mobil rem kamu rusak akan sangat berbahaya karena berpotensi untuk ditabrak dari belakang oleh mobil lain.