Berita

    Featured Image

    Simak Jenis Polisi Tidur Yang Wajib Diketahui

    Pengendara wajib paham dengan aturan lalu lintas yang berlaku demi keselamatan pribadi maupun orang lain. Penting sekali untuk memahami berbagai jenis rambu maupun pembatas yang ada di jalan raya. Salah satunya adalah polisi tidur atau speed bump. Ini merupakan pembatas yang dipasang di tengah jalan sebagai peringatan bagi pengendara untuk mengurangi kecepatannya. 

    Ragam Jenis Polisi Tidur

    Penting untuk diketahui ternyata speed bump yang ada di Indonesia terdiri dari beberapa jenis. Bagi Anda yang terbiasa berkendara sendiri, tentunya jenis-jenis speed bump ini penting untuk diketahui. Tipe-tipe pembatas kecepatan ini akan disesuaikan dengan jenis atau karakter jalanan. Berikut adalah beberapa yang ada di jalanan Indonesia:

    • Speed Bump

    Jenis polisi tidur pertama disebut dengan nama speed bump langsung. Ini merupakan jenis pembatas kecepatan yang dipakai hanya di area parkir dan jalan yang sifatnya private. Bisa juga digunakan pada jalanan lingkungan terbatas yang kecepatan kendaraannya di bawah 10 km/jam.

    Pembatas kecepatan ini umumnya terbuat dari badan jalan atau bisa juga dari karet. Ukuran tinggi standar dari pembatas kecepatan ini adalah 8 sampai 15 cm. Sementara itu lebar bagian atasnya adalah 30 sampai 90 cm. Speed bump umumnya dibuat dengan tingkat kelandaian paling besar 15%. 

    • Speed Hump

    Berikutnya ada speed hump yang merupakan jenis pembatas khusus untuk jalan lokal. Tipe ini biasanya akan dipasang di lokasi jalanan yang kecepatan kendaraannya kurang dari 20 km/jam. Polisi tidur ini tidak cocok jika dipasang di jalanan dengan rata-rata kendaraan melaju kecepatan yang relatif tinggi. 

    Tipe speed hump ini memiliki standar ukuran tinggi 5 sampai 9 cm. Kemudian untuk ukuran lebarnya berkisar antara 35 sampai 39 cm. Kelandaian maksimalnya mencapai angka 50% sehingga memang terlihat sangat landai. 

    Selain itu, warna dari speed hump ini juga memiliki ciri khas. Warnanya kombinasi kuning atau putih dengan ukuran 20 cm dan warna hitam sebesar 30 cm. 

    • Speed Table

    Tipe polisi tidur berikutnya adalah speed table. Speed table ini biasa dipasang di jalan karakter atau jalan lokal. Bisa juga diletakkan di jalan lingkungan yang kecepatan kendaraan minimalnya adalah 40 km/jam. Biasa juga dipasang di tempat penyeberangan jalan untuk memastikan keamanan pengendara dan pejalan kaki.