Berita

    Ini Penyebab Kabin Mobil Gampang Bau

    Kabin mobil bau tak sedap sering kali terjadi pada mobil yang kurang perawatan. Mobil yang jarang dibersihkan biasanya lebih mudah bau karena aroma dari sisa-sisa makanan dan kotoran yang menempel di karpet mobil.

    Selain karena jarang dibersihkan, aroma tidak sedap di dalam mobil juga bisa disebabkan karena masalah lain. Untuk mengatasinya, lebih baik pelajari beberapa hal yang menyebabkan kabin mobil beraroma tidak sedap!

    5 Penyebab Kabin Mobil Bau Tak Sedap

    Bau tak sedap pada kabin mobil membuat tidak nyaman dan dapat mempengaruhi konsentrasi pengemudi. Sebelum mengatasinya, cari tahu dulu apa yang menjadi penyebabnya dengan membaca penjelasan berikut ini:

    • Sering Merokok di Dalam Mobil

    Kebiasaan merokok saat berkendara dapat menyebabkan kabin mudah bau karena aroma asapnya susah hilang. Asap rokok akan menempel pada interior mobil sehingga membuat aroma di dalam mobil berbau apek.  

    bau rokok di mobil

    • Kabin Terlalu Lembap

    Aroma tidak sedap di dalam mobil juga bisa disebabkan karena tingkat kelembapan yang terlalu tinggi. Sehingga membuat pertumbuhan bakteri dan jamur meningkat dan menimbulkan bau tak sedap. 

    • Membiarkan Sisa Makanan Tertinggal di Mobil

    Kebiasaan membiarkan sisa makanan di dalam mobil juga menjadi salah satu penyebab kabin Anda bau tak sedap.

    Apalagi jika mobil tidak pernah dibersihkan, tentu sisa-sisa makanan yang berjatuhan akan membusuk dan menimbulkan aroma tak sedap. 

    • Saluran Udara Luar Tidak Tertutup Sempurna

    Walaupun sudah memilih saluran udara dalam, bau tak sedap dari luar bisa saja masuk ke dalam kabin. Penyebabnya karena ada komponen plastik di bagian saluran udara luar yang tidak tertutup sempurna. 

    • Menyalakan Mode Fresh pada AC

    Penyebab kabin mobil bau tak sedap selanjutnya yaitu mengaktifkan mode fresh pada pengaturan AC. Mode AC tersebut bisa mempengaruhi temperatur dan kelembapan di dalam mobil. 

    Tips Mengatasi Kabin Bau Tak Sedap

    Ada banyak cara mengatasi bau tak sedap di dalam kabin namun untuk menemukan cara yang tepat pemilik mobil harus tahu penyebabnya terlebih dulu. Jika sudah mengetahui penyebabnya Anda mungkin memerlukan tips berikut ini:

    • Membersihkan Mobil secara Rutin

    Kabin mobil bau tak sedap sering kali terjadi karena sisa makanan dan kotoran yang tidak dibersihkan. Gunakan vacuum cleaner untuk mengangkat kotoran sisa makanan, serangga kecil, dan sampah di bagian yang susah dijangkau.

    Selain itu, jangan lupa membersihkan sistem pendingin mobil dengan cairan khusus untuk mencegah bau.

    • Memasang Air Purifier

    Cara ini cukup efektif untuk mengatasi bau di dalam kabin karena air purifier dapat menyerap bau dan menggantinya dengan udara bersih yang segar. Alat ini wajib dipasang di mobil bagi pengemudi yang sering merokok di dalam kabin.

    • Mengganti Pengharum Mobil secara Rutin

    Pengharum mobil bisa membantu menghilangkan aroma tak sedap di dalam kabin. Tapi jika tidak pernah diganti tentu wanginya akan hilang dan harus diganti secara rutin agar udara di dalam mobil tetap wangi. 

    • Mengganti Filter AC

    Filter AC yang kotor dan jarang dibersihkan biasanya tidak bisa menyaring udara dan aroma tak sedap dari luar. Jika filter AC mobil sudah kotor dan sulit dibersihkan, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. 

    Apabila tidak mampu mengganti filter AC secara mandiri, maka Anda bisa membawanya ke bengkel resmi Suzuki terdekat, agar ditangani mekanik bengkel profesional.