Berita

    Pentingnya Memahami Status Kilometer Kendaraan

    Status kilometer mobil jadi faktor yang perlu Anda perhatikan, terutama ketika ingin membeli mobil bekas. Mengapa demikian? Sebab, nilai jual mobil ditentukan melalui kilometer atau jarak tempuh mobil tersebut.

    Untuk mengukur jarak tempuh mobil, Anda dapat mengetahuinya melalui alat bernama odometer. Angka pada alat tersebut menunjukkan jarak tempuh atau kilometer yang dimiliki oleh sebuah mobil sejak pertama kali digunakan. 

    Lalu, mengapa Anda perlu memahami status jarak tempuh atau kilometer pada mobil bekas yang ingin Anda beli? Berikut 4 alasannya.

    4 Alasan Status Kilometer Mobil Penting

    Sebenarnya, status jarak tempuh pada odometer suatu mobil berbeda ukuran idealnya.

    kilo meter mobilPexels.com

    Namun, tinggi rendahnya angka kilometer dari mobil bekas yang ingin Anda beli penting untuk Anda perhatikan dan pahami, sebab:

    • Menentukan Risiko Keamanan Mobil

    Status kilometer yang tinggi umumnya bisa diartikan sebagai mobil yang lebih rentan dan cukup berisiko terhadap kecelakaan. Maksudnya, mobil sudah sangat sering digunakan sehingga mesinnya cenderung usang. 

    Walau mesin tersebut Anda perbaiki di bengkel, namun mutu mesin tidak bisa Anda samakan dengan yang baru. Jadi, risiko keamanan pun jadi hal yang perlu Anda perhatikan.

    • Menentukan Biaya Perbaikan Mobil

    Kemudian, apabila kondisi mesin pada mobil bekas sudah usang, ketika diperbaiki pasti biayanya cukup tinggi. Anda pun tidak ingin mengendarai mobil bekas yang mesin serta komponen di dalamnya sudah turun performa bukan?

    • Menentukan Harga Mobil

    Memahami status kilometer mobil bekas yang ingin Anda beli juga membantu Anda dalam negosiasi harga. Bila Anda paham bahwa jarak tempuh tinggi menandakan kualitas mesin sudah tidak prima lagi, maka mobil pun bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih ekonomis.

    Ini menguntungkan ketika Anda sedang memegang budget yang terbatas saat masa pembelian mobil bekas.

    • Menentukan Intensitas Servis Mobil

    Sebuah mobil mendapat garansi servis berkala pada jarak tempuh kelipatan mulai dari 10.000 km, lalu 20.000 km, serta 50.000 km. Jika Anda mendapati status jarak tempuh pada mobil cukup tinggi, maka bisa jadi tanda bahwa mantan pemilik mobil melakukan servis secara berkala.