Berita

    Tips Staycation Hemat Biaya Bersama Keluarga

    Staycation menjadi salah satu hiburan yang bisa Anda lakukan di akhir pekan bersama keluarga. Berlibur dengan menginap bersama keluarga tentu akan sangat menyenangkan. Mau liburan namun khawatir dengan anggaran pas-pasan? Tenang, Anda tidak perlu khawatir karena ada staycation hemat biaya berikut ini. 

    Berikut tips staycation hemat biaya yang bisa Anda coba.

    1. Rencanakan Liburan

    Perencanaan merupakan salah satu tahap penting yang perlu dilakukan sebelum bepergian termasuk ketika akan staycation. Dengan perencanaan yang matang maka liburan Anda akan lancar dan tentunya Anda juga dapat mengatur anggaran sesuai dengan budget Anda.

    Perencanaan ini sendiri meliputi tempat yang akan dikunjungi, berapa lama waktu yang akan dihabiskan untuk berlibur sampai jumlah anggaran, apalagi jika Anda memiliki anggaran terbatas. Diskusikan bersama keluarga Anda mengenai staycation yang akan dilakukan. 

            2. Pilih Tempat Menginap yang Terjangkau

    Tempat menginap merupakan komponen penting dalam staycation bersama keluarga. Dalam memilih tempat menginap pilihlah tempat dengan biaya sewa yang murah namun nyaman. Anda bisa mencari tempat penginapan yang sedang mengadakan promo atau diskon.

    Ketika akhir pekan biasanya beberapa tempat menyediakan harga promo untuk menginap Anda bisa mengeceknya melalui web resmi hotel. Dengan memilih tempat yang murah tentu akan membuat anggaran liburan semakin ringan. 

            3. Buat Itinerary Tempat Wisata

    Agar liburan Anda berjalan lancar dan menghemat waktu, Anda bisa membuat itinerary atau daftar tempat wisata yang akan dikunjungi ketika liburan. Untuk menghemat budget Anda bisa memilih tempat wisata di dalam kota atau yang dekat dengan rumah Anda.

    Anda bisa mengunjungi wisata alam, museum, tempat bersejarah maupun tempat wisata lain yang Anda sukai. 

            4. Bawa Makanan Sendiri dari Rumah

    Salah satu tips agar Anda dapat menghemat pengeluaran ketika liburan adalah dengan membawa bekal atau makanan dari rumah. Daripada Anda mengeluarkan uang untuk membeli jajan atau makan di restoran mengapa Anda tidak membawa makanan sendiri.

    Dengan membawa bekal sendiri tentu akan lebih menghemat pengeluaran Anda.

            5. Pastikan Anda Mengetahui Rute Perjalanan

    Ketika Anda akan melakukan perjalanan staycation pastikan Anda sudah tahu rute atau alamat tempat yang akan dikunjungi. Hal tersebut untuk mencegah pemborosan bahan bakar ketika Anda membawa kendaraan pribadi.