Berita

    Tetap Asik! Tips Berkendara Bersama Keluarga Saat Mudik

    Perjalanan mudik ke kampung halaman biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk bisa sampai tujuan. Tidak jarang perjalanan tersebut membuat Anda maupun anggota keluarga merasa bosan. Artikel ini akan mencoba memberikan tips berkendara bersama keluarga saat mudik.

    Supaya tidak bosan selama perjalanan ke kampung halaman bersama keluarga, beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan untuk menghidupkan suasana di mobil saat mudik akan selengkapnya dibahas pada poin-poin di bawah ini.

    6 Tips Berkendara Bersama Keluarga Saat Mudik

    Mudik erat hubungannya dengan kemacetan. Jarak menuju kampung halaman yang jauh ditambah harus menghadapi kemacetan tentu bisa saja membuat perjalanan mudik tersebut menjadi membosankan.

    Untuk itu, artikel ini akan membagikan beberapa tips agar perjalanan mudik Anda bersama keluarga bisa tetap menyenangkan. Tips-tips yang dimaksud antara lain, yaitu sebagai berikut.

    • Menyalakan Musik

    Supaya suasana di perjalanan mudik Anda menyenangkan dan tidak membosankan, maka salah satu tips yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan menyalakan mudik. Dengan memasang musik, selain bisa membuat Anda dan keluarga bernyanyi bersama juga bisa menjadi cara untuk mengusir rasa kantuk untuk pengemudi.

    Agar lebih menarik, Anda dan keluarga bisa bergiliran memutar lagu yang disukai. Hal ini juga bisa menjadi ajang untuk mengenali selera musik dari anggota keluarga masing-masing.

    • Membawa Bekal 

    Anda juga bisa mempersiapkan bekal untuk melengkapi perjalanan mudik bersama keluarga. Tidak perlu makanan yang berat, Anda bisa sekadar membawa makanan ringan atau camilan untuk menemani selama perjalanan.

    Dengan membawa camilan dan tentunya minuman, hal ini juga bisa membantu pengemudi untuk tetap terjaga sehingga perjalanan mudik juga bisa lebih aman.

    • Bercengkrama untuk Bertukar Kabar

    Menghabiskan waktu bersama selama di perjalanan mudik juga bisa menjadi momen yang tepat untuk bercengkrama dan bertukar kabar dengan anggota keluarga apabila selama sehari-hari tidak sempat melakukannya.

    • Membawa Barang Seperlunya

    Tips berkendara bersama keluarga saat mudik berikutnya ialah membawa barang seperlunya. Dengan Anda membawa barang yang tidak berlebih, hal ini tentunya akan membuat perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman.

    membawa barang seperlunyaFreepik.com

    Pasalnya jika Anda dan keluarga membawa banyak barang, hal ini bisa saja membuat mobil memiliki muatan berlebih yang membahayakan. Tidak hanya itu, membawa banyak barang bawaan juga bisa membuat duduk di mobil lebih sempit yang tentu saja akan sangat mengganggu karena perjalanan mudik yang jauh.

    • Membawa Permainan

    Apabila waktu mudik Anda mendekati waktu lebaran, maka Anda perlu bersiap-siap untuk menghadapi kemacetan. Agar tidak bosan, Anda bisa membawa permainan untuk dimainkan selama di perjalanan.

    Pastikan Anda membawa permainan yang memang bisa dimainkan di mobil. Kemudian jika Anda memilih untuk membawa gadget, jangan lupa untuk membawa juga chargernya. 

    Apabila Anda tidak begitu menyukai permainan, Anda juga bisa membawa buku atau perlengkapan lain yang memang bisa menghibur Anda di perjalanan.

    • Menepi untuk Beristirahat

    Supaya berkendara dengan keluarga bisa tetap nyaman dan aman, maka menepi dan beristirahan di rest area perlu dilakukan beberapa kali. Dengan menepi, anggota keluarga yang mudik juga jadi bisa beristirahat.

    Setelah energi kembali terkumpul, maka Anda dan keluarga bisa kembali melanjutkan perjalanan mudik dengan lebih aman, nyaman, dan tentunya menyenangkan.

    Supaya perjalanan ke kampung halaman tidak membosankan namun tetap aman dan nyaman, Anda perlu mengaplikasikan tips berkendara bersama keluarga saat mudik di atas mulai dari menyalakan musik hingga melakukan pemberhentian untuk beristirahat.

    Untuk mendukung keselamatan berkendara bersama keluarga saat mudik, Anda  harus memastikan mobil dalam kondisi yang baik. Lakukan pemeriksaan mobil ke bengkel terpercaya sebelum mudik layaknya bengkel Suzuki.