Berita

    Penyebab Rem Tangan Keras dan Tidak Bisa Digunakan

    Rem tangan atau dikenal dengan nama lain handbrake adalah tuas yang dimanfaatkan sebagai sistem pengereman pada sebuah kendaraan seperti mobil. 

    Keberadaannya sangat penting karena jika terjadi kerusakan maka dapat membahayakan penumpang pada mobil. Sehingga Anda perlu melakukan kontrol untuk melihat apakah terdapat kerusakan atau tidak.

    Melalui artikel ini, Anda dapat mengetahui tentang penyebab, ciri-ciri hingga cara mengatasi permasalahan pada rem.

    Penyebab Rem Tangan Keras

    Biasanya kerusakan terjadi pasti ada penyebabnya. Sama halnya dengan tuas rem yang terdapat pada mobil Anda. Terdapat 3 penyebab yang paling umum mengakibatkan rem menjadi keras.

            1. Ditarik Terlalu Kuat

    Penyebab pertamanya adalah rem seringkali ditarik terlalu kuat atau kencang. Hindari untuk menarik kuat-kuat komponen ini karena dapat menyebabkan bagian tuas mengalami kerusakan.

    Cukup tarik perlahan hingga terdengar bunyi klik atau tidak melebihi batas gerigi yang sudah ditentukan.

            2. Dipakai Saat Banjir

    Penyebab rem tangan keras adalah penggunaan handbrake saat mobil berada di genangan air atau melewati banjir. Genangan air menyebabkan rem menjadi keras. Jika dibiarkan begitu saja, maka akan timbul karat yang menyebabkan handbrake sulit digunakan.

    Cara lainnya adalah menggunakan rem pedal atau rem kaki saat mobil Anda terjebak di genangan air. Jika mobil Anda dalam kondisi terparkir di atas genangan air, maka hindari untuk menarik handbrake.

            3. Tidak Tahu Perbedaan Mobil Manual Atau Automatic

    Antara mobil manual dan automatic memang memiliki rem tangan yang terlihat sama, namun keduanya memiliki perbedaan cara penggunaannya. Sebagian orang masih belum membedakan cara penggunaan antara keduanya. Kesalahan penggunaan inilah yang menyebabkan rem tidak berfungsi dengan baik.

    Anda juga dapat membuka manual book atau buku panduan yang didapatkan saat membeli mobil.

    Bagaimana Cara Mengetahui Handbrake Bermasalah?

    Berikut adalah jawaban untuk menjawab pertanyaan Anda mengenai cara mengetahui rem yang mengalami permasalahan.