Berita

    Penjelasan Tentang Dongkrak Mobil dan Fungsinya

    Ada beberapa peralatan yang wajib Anda bawa ketika bepergian menggunakan mobil, Dongkrak mobil adalah salah satunya. Nah, untuk Anda yang ingin tahu apa fungsi dan juga jenis-jenisnya, silahkan simak artikel ini hingga selesai. Di artikel ini kami akan jelaskan secara detail terkait tool yang satu ini.

    Pengertian Dongkrak Mobil

    Dongkrak merupakan tool yang dapat membantu Anda saat terjadi kendala pada mobil. Fungsi dongkrak mobil yaitu untuk mengangkat badan mobil agar memudahkan Anda saat melakukan pengecekkan pada bagian bawah mobil.

    Tool yang satu ini juga sering digunakan untuk membantu mengangkat mobil saat mengganti ban. Ketika ban mengalami kebocoran atau kempes, dongkrak adalah alat utama untuk membantu melepas dan memasang kembali ban mobil.

    Jenis Dongkrak Menurut Cara Kerjanya

    Ada dua jenis dongkrak mobil sesuai dengan cara kerjanya yang bisa Anda gunakan. Kedua jenis tersebut yaitu dongkrak mekanik dan hidrolik. Berikut sudah kami rangkum penjelasannya.

    1.  Dongkrak Berjenis Mekanik

    Cara kerja dongkrak mekanik yaitu bertumpu pada roda gigi dan juga batang. Pusat gaya dari dongkrak ini terletak pada roda gigi lalu meneruskan dan juga memperbesar gaya ke bagian batang.

    Saat digunakan, roda gigi pada dongkrak ini akan berputar. Lalu gaya tekan pada bagian tersebut akan sampai ke bagian batang. Setelah itu, bagian batangnya akan mengubah gaya tekan menjadi gaya angkat.

    2.  Dongkrak Berjenis Hidrolik

    Dongkrak mobil yang kedua ini merupakan yang paling populer. Cara kerjanya bertumpu pada cairan fluida yang berfungsi untuk memberi gaya tekan. Sama seperti dongkrak mekanik, gaya tekan yang dihasilkan nantinya akan diubah menjadi gaya angkat.

    Jenis Dongkrak Sesuai Bentuknya

    Jenis dongkrak mobil tidak hanya bisa kita bedakan dari cara kerjanya dan jenis gayanya saja. Selain itu ada juga jenis-jenis dongkrak berdasarkan bentuknya sebagai berikut.

    1.  Jenis Dongkrak Gunting

    Dongkrak yang satu ini populer juga dengan sebutan dongkrak jembatan atau ketupat. Tool ini biasanya diberikan secara cuma-cuma oleh pabrikan saat Anda membeli mobil baru. 

    Dongkrak gunting termasuk ke dalam jenis dongkrak mekanik. Tool ini sangat cocok untuk Anda bawa kemana saja karena bobotnya yang ringan dan bentuknya yang praktis untuk dibawa. 

    2.  Dongkrak Buaya