Berita

    Mengenal Highway Hypnosis & Cara Mencegahnya

    Setiap pengemudi pasti pernah mengalami rasa kantuk saat mengemudi. Namun, tahukah Anda tentang kondisi yang disebut highway hypnosis atau hipnotis jalan tol?

    Kondisi ini dapat terjadi pada pengemudi yang mengemudikan mobil dalam jarak jauh dan kecepatan monoton seperti di jalan tol.

    Ketika mengalami hal ini, pengemudi akan merasa seperti terhipnotis, tidak sadar dengan sekitarnya, dan bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

    Apa Itu Highway Hypnosis?

    Istilah ini merujuk pada kondisi psikologis saat pengemudi sedang memiliki pikiran kosong dan hilang konsentrasi saat berkendara. Kondisi ini terjadi pada pengemudi yang berkendara dalam jarak jauh dan monoton seperti di jalan tol.

    Pemandangan dan suara mobil yang tidak berubah sama sekali dapat membuat pengemudi merasa seperti terhipnotis dan tidak sadar dengan sekitarnya.

    Bahaya Highway Hypnosis: Mengancam Keselamatan Pengemudi

    Hipnosis jalan tol memiliki beberapa potensi bahaya yang dapat membahayakan keselamatan pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan lainnya, di antaranya:

    • Kehilangan Konsentrasi

    Kondisi ini dapat membuat pengemudi kehilangan konsentrasi dan fokus saat berkendara. Lalu, membuat pengemudi tidak bisa merespons situasi lalu lintas dengan cepat dan akurat, sehingga meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas.

    • Keterlambatan Respons

    Dalam kondisi ini, pengemudi tidak bisa merespons situasi lalu lintas dengan cepat dan akurat. Hal ini dapat meningkatkan risiko tabrakan dengan kendaraan lain atau benda di sekitarnya.

    • Kehilangan Kendali

    Anda dapat kehilangan kendali atas kendaraannya karena tidak dapat merespons situasi dengan cepat dan akurat.

    Hal ini dapat menyebabkan kendaraan keluar jalur, menabrak benda atau kendaraan lain, atau terlibat dalam kecelakaan lalu lintas.

    • Kecelakaan

    Highway hypnosis dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas yang dapat membahayakan keselamatan Anda, penumpang, dan pengguna jalan lainnya.

    • Kematian

    Jika kondisi ini tidak dihindari atau tidak diatasi dengan cepat, dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang fatal dan dapat mengancam nyawa pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan lainnya.

    Cara Mencegah Highway Hypnosis

    Ada beberapa cara mencegah kondisi ini yang dapat Anda lakukan di jalan tol. Berikut adalah masing-masing penjelasan cara tersebut:

    • Istirahat Secukupnya