Berita

    8 Kesalahan saat Mencuci Mobil

    Mencuci mobil secara rutin sangatlah penting demi menjaga kebersihan dan kenyamanan selama berkendara. Pastikan Anda juga menghindari berbagai kesalahan saat mencuci mobil agar terhindar dari kerusakan. 

    Ternyata proses mencuci mobil tidak bisa dilakukan asal-asalan. Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan namun masih sering dijumpai karena sudah dianggap sebagai kebiasaan. 

    Kesalahan saat Mencuci Mobil

    Jika Anda terbiasa mencuci mobil sendiri, maka pastikan prosesnya berjalan dengan benar. Jangan sampai Anda mencuci mobil secara asal-asalan dan pada akhirnya merusak cat mobil atau bagian lain. 

    Ada beberapa hal yang memang sebaiknya tidak dilakukan saat mencuci mobil. Berikut akan dibahas satu per satu apa saja kesalahan mencuci mobil yang harus Anda hindari.

    • Mencuci di Bawah Sinar Matahari

    Kesalahan pertama yang sering terjadi yaitu mencuci mobil di bawah sinar matahari. Hal ini bisa memicu penguapan air berjalan sangat cepat. Jika air langsung menguap dari bodi mobil, maka bisa muncul bekas bercak air atau water spot

    • Mencuci dari Bawah ke Atas

    Sebaiknya cuci bodi mobil Anda dari atas ke bawah, bukan sebaliknya. Pastikan kotoran dari atas dibersihkan terlebih dahulu baru bagian bawah. Ini lebih efektif daripada membersihkan bagian bawah terlebih dahulu. 

    • Memakai Sabun Pencuci Piring

    Hindari memakai sabun pencuci piring maupun deterjen untuk membersihkan bodi mobil Anda. Sabun pencuci piring memiliki sifat asam yang berbeda dan cenderung bisa merusak coating bodi mobil. 

    Sebaiknya pilih sampo khusus untuk mobil. Pastikan sampo tersebut sudah memiliki formula yang aman sehingga tidak merusak cat pada badan mobil Anda. 

    • Memakai Kain Kotor untuk Mengelap

    Kesalahan saat mencuci mobil berikutnya adalah memakai kain kotor untuk mengelap. Permukaan kain kotor yang dipenuhi debu dan partikel lain bisa menyebabkan timbulnya goresan di bodi mobil Anda. 

    menggunakan kain kotor untuk mengelap mobilFreepik.com

    • Mencuci dengan Gerakan Memutar

    Sangat disarankan untuk tidak mencuci mobil dan mengelapnya dengan gerakan memutar. Gerakan memutar ternyata bisa menyebabkan munculnya baret halus di bagian bodi mobil. 

    Lebih baik Anda mencuci mobil dengan gerakan bolak-balik ke atas ke bawah. Gerakan mengelap searah juga sangat direkomendasikan untuk mencegah baret pada badan mobil. 

    • Memakai Sikat Kawat

    Jika Anda membutuhkan sikat untuk menyikat kotoran pada bagian ban atau kolong mobil, hindari pemakaian sikat kawat. Sikat kawat sangat kuat dan terlalu kasar sehingga bisa membuat lapisan permukaan mengelupas. 

    • Tidak Membersihkan Area Mesin

    Banyak orang hanya fokus pada bodi luar saat mencuci mobil. Padahal area mesin juga harus dibersihkan agar tetap bisa memiliki performa yang optimal saat berkendara. 

    Namun proses pembersihan mesin ini juga harus dilakukan dengan tepat. Pastikan untuk membersihkan area mesin dengan lap basah saja, tidak perlu disemprot air terlalu banyak. 

    • Mencuci Mobil di Malam Hari

    Kesalahan lain yang juga sering terjadi saat mencuci mobil adalah melakukannya di malam hari. Proses mencuci mobil sebaiknya dilakukan di pagi atau siang hari untuk mendapat hasil yang optimal. 

    Mencuci mobil di waktu malam bisa membuat proses pengeringan berjalan lebih lambat karena udara lembap. Hal ini bisa memicu munculnya water spot yang susah dihilangkan. Selain itu kondisi lembap juga bisa memicu bau tidak sedap.