Berita

    Benda-Benda ini Tidak Boleh Ditinggalkan di Dalam Mobil

    Kendaraan bermotor, terutama mobil, kerap menjadi tempat penyimpanan untuk berbagai barang. Namun, tidak semua barang aman ditinggalkan di dalam mobil, terutama dalam kondisi tertentu. Ada beberapa benda yang tak boleh ditinggalkan di dalam mobil.

    Sebab jika Anda meninggalkannya, maka ada risiko keamanan, kesehatan, atau bahkan dapat merusak kendaraan itu sendiri. Alhasil, hal ini nanti justru merepotkan dan merugikan keselamatan Anda.

    7 Benda yang Tak Boleh Ditinggalkan di Dalam Mobil, Catat!

    Mobil tidak sepenuhnya aman untuk menyimpan berbagai barang. Ada beberapa barang yang malah berbahaya jika berdiam diri terlalu lama di dalam mobil. Adapun berikut adalah beberapa benda yang sebaiknya tidak boleh ditinggalkan di dalam mobil:

    • Barang Berharga

    Benda berharga seperti laptop, ponsel, dompet, atau kamera sebaiknya tidak ditinggalkan di dalam mobil. Ini dapat menarik perhatian pencuri dan meningkatkan risiko pencurian.

    Tidak jarang maling ini mengincar barang bawaan Anda. Biasanya mereka akan mengintip dan membobol mobil ketika Anda lengah. Berbahaya bukan?

    • Barang yang Mudah Terbakar

    Benda-benda yang mudah terbakar seperti korek api, gas aerosol, atau bahan-bahan lainnya sebaiknya tidak ditinggalkan di dalam mobil. Terutama jika Anda terbiasa parkir di tempat panas. Maka barang ini bisa memicu kebakaran di dalam mobil. 

    Sebaiknya jika Anda membawa benda tersebut, simpan di saku atau tempat lain. Jadi apabila keluar dari mobil, benda tersebut juga ikut terbawa.

    • Bahan Makanan atau Minuman yang Mudah Rusak

    Meninggalkan makanan atau minuman di dalam mobil, terutama dalam suhu yang tinggi, dapat menyebabkan kerusakan. Tak hanya itu, bahan yang satu ini mampu meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri yang dapat merugikan kesehatan.

    Akibatnya, mobil jadi cepat kotor dan timbul jamur. Selain itu, bau tak sedap juga akan mengganggu perjalanan Anda.

    • Botol Air Minum Kosong

    Benda yang tak boleh ditinggalkan di dalam mobil selanjutnya adalah botol air minum. Padahal kebiasaan ini sering sekali dilakukan oleh pemilik kendaraan.

    Meninggalkan botol air minum kosong di dalam mobil dapat menciptakan kondisi yang ideal untuk pertumbuhan bakteri. Sebaiknya bersihkan dan simpan botol air dengan benar jika akan keluar dari mobil.

    • Obat-Obatan

    Persediaan obat bagi Anda yang sakit atau sering mengalami masalah kesehatan memang penting. Namun pastikan jika penyimpanannya juga tepat ya.

    Obat-obatan yang memerlukan suhu tertentu untuk penyimpanan, sebaiknya tidak ditinggalkan di dalam mobil. Suhu ekstrem dapat merusak efektivitas obat. Sayang sekali jika obat jadi rusak dan bahkan tidak bisa dikonsumsi kembali.

    • Baterai 

    Benda yang tak boleh ditinggalkan di dalam mobil selanjutnya adalah baterai. Sebaiknya jangan sembarangan meninggalkan baterai di dalam kendaraan. Baik itu baterai yang mengandung lithium ion atau baterai portabel.

    bateraiPexels.com

    Sebab, suhu yang tinggi mampu memicu ledakan pada baterai. Baterai portabel atau power bank memiliki risiko kebakaran jika terkena panas yang berlebihan. Oleh karena itu, sebaiknya benda ini tidak ditinggalkan di dalam mobil.

    • Kacamata Hitam

    Tahukah Anda jika kacamata hitam ternyata juga jadi barang yang tidak dianjurkan untuk ditinggal dalam mobil? Ya, sebab suhu panas mampu merusak lensa dan bingkai kacamata ini. 

    Itu sebabnya, sebaiknya simpan kacamata hitam dalam wadah khusus. Jangan sembarangan diletakkan dalam mobil. Apalagi jika mobil sering terkena cahaya matahari.

    Selalu pastikan untuk membersihkan dan mengamankan kendaraan Anda dari benda-benda tersebut. Kebiasaan memeriksa isi mobil sebelum meninggalkannya dapat membantu menjaga keamanan, kenyamanan, dan keamanan kendaraan Anda.