Berita

    8 Cara Merawat Interior Mobil agar Nyaman dan Awet

    Anda bisa berkendara dengan nyaman bukan hanya dari segi mesin mobil yang prima tetapi juga kabin selalu bersih. Membersihkan interior mobil bukan hanya membawa kenyamanan tetapi Anda yang menggunakannya juga terjaga kesehatannya. 

    Komponen yang ada dalam interior pun akan terjaga keawetannya. Hanya saja Anda perlu tahu bagaimana cara merawat interior mobil yang benar. Mengingat setiap komponennya sangat bervariasi sehingga cara membersihkannya pun bisa berbeda-beda. 

    Berikut ini beberapa cara merawat yang benar untuk Anda ikuti dengan mudah. 

     

    • Membersihkan Plafon Mobil 

     

    Plafon mobil dibuat dilapisi dengan berbagai jenis bahan seperti beludru atau fabric. Masing-masing bahan membutuhkan cara perawatan yang berbeda. Jika plafon menggunakan bahan jenis fabric, maka Anda harus menggunakan bahan pembersih interior mobil khusus. 

    Bahan pembersih juga tidak langsung disemprotkan melainkan menggunakan kain yang seratnya halus. Baru gunakan untuk lap seluruh area plafon secara searah. Anda bisa menggosok secara perlahan sampai debu dan kotoran menghilang. 

    Sedangkan untuk plafon berbahan beludru Anda perlu menggunakan air terlebih dahulu. Gosok plafon perlahan dengan kain lap yang dibasahi air sampai bersih. Jangan langsung menggunakan air karena akan membuat lapisan bludru menyerap air dan menjadi bau. 

    Plafon yang menggunakan bahan bludru lebih sulit pembersihannya, oleh karena itu jangan sampai tumbuh noda apalagi jamur. Jamur dapat tumbuh jika Anda salah membersihkan seperti menyemprotkan air dan menggunakan lap yang terlalu basah.

    29._sx4_scross__2_

     

    • Cara Merawat Jok Mobil

     

    Bagian yang paling sering digunakan dan perlu perawatan lebih rutin lagi adala jok mobil. Sama seperti plafon, bahan lapisan jok bisa berbeda-beda sehingga cara membersihkannya pun lain. Ada dua tahapan yang bisa dilakukan untuk membersihkannya. 

    Pertama Anda bisa membersihkan dengan kemoceng untuk menghilangkan debu kering. Kemudian manfaatkan mesin vakum supaya debu dan kotoran di sela-sela jok dapat terangkat. 

    Apabila bagian jok terdapat noda Anda harus membersihkan dengan cairan sabun kemudian menggosok perlahan dan keringkan. Cara ini hanya bisa dilakukan jika jok menggunakan lapisan vinyl.